Home » Latest Cases » Latest Cases

Latest Cases

Pengobatan Kanker Ovarium di NCCS

Ny. Franny* didiagnosa menderita kanker ovarium tahap 3B.  Dokternya di Surabaya menganjurkan radioterapi untuk menangani kanker tersebut, namun Ny. Franny harus menunggu beberapa minggu karena kapasitas radioterapi di rumah sakit di Surabaya tersebut terbatas.

Ny. Franny  menelepon kami untuk memulai pengobatan secepatnya dan juga menanyakan perkiraan biaya untuk pengobatan di National Cancer Centre Singapore (NCCS). Setelah konsultasi dengan dokter di NCCS, kami dapat memberikan informasi yang diinginkan dan mengaturkan janji temu dengan spesialis kanker (oncologist) yang ber-sub spesialisasi di bidang radioterapi kanker. 

Di NCCS, Ny. Franny bertemu dengan Dr. Chua Eu Jin, spesialis kanker dengan sub spesialisasi di bidang radioterapi kanker.  Setelah pemeriksaan, ternyata kondisi medis pasien kurang memungkinkan untuk menjalani radioterapi.  Dr. Chua menganjurkan Ny. Franny untuk menjalani kemoterapi terlebih dahulu.

Setelah menjalani 2 siklus kemoterapi di NCCS, dokter spesialis kemoterapi kanker di NCCS menyarankan Ny. Franny untuk melanjutkan siklus kemoterapi berikutnya di Indonesia dan kembali ke NCCS untuk periksa ulang setelah 6 bulan kemudian.  Namun Ny. Franny memilih melanjutkan kemoterapi di NCCS karena ia dan keluarga sangat puas dengan komunikasi terbuka dan penjelasan yang diberikan dokter dokter NCCS tentang kondisi medis Ny. Franny selama menjalani pengobatan.

 

*Nama pasien bukan yang sebenarnya untuk melindungi kerahasiaan identitas pasien