Home » Latest Cases » Latest Cases

Latest Cases

Transplantasi Kornea Mata Di SNEC

Tn. Amir (53 th) yang berdomisili di Bandung melihat iklan Singapore National Eye Centre (SNEC) di koran Pikiran Rakyat dan segera menghubungi kami.  Ia sudah menjalani operasi katarak setahun yang lalu tetapi penglihatan pada satu mata sebelah kiri malah memburuk bahkan sampai tidak bisa melihat sama sekali. Hasil pemeriksaan terakhir oleh dokter mata di Jakarta menunjukkan kerusakan pada kornea mata tersebut yang memerlukan transplantasi (penggantian jaringan hidup) kornea mata.

Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur transplantasi di SNEC, Tn. Amir mempunyai banyak pertanyaan pada saat menemui kami, seperti bagaimana mendapatkan donor mata, bagaimana prosedur transplantasi, berapa kali ia harus ke Singapura, berapa lama proses pengobatan dan berapa perkiraan biaya keseluruhan. Karena Tn. Amir bukan pasien pertama kasus transplantasi mata yang kami bantu, kami dapat memberikan informasi  yang diinginkan dan memberikan gambaran tentang prosedur transplantasi.

Kunjungan pertama Tn. Amir ke SNEC hanya membutuhkan waktu 2 hari untuk pemeriksaan dokter dan melakukan serangkain tes tes mata. Pada akhir kunjungan, dokter dan penterjemah meluangkan waktu khusus (counseling session) untuk menjelaskan dengan detail prosedur transplantasi secara keseluruhan dan hasil yang diharapkan kepada Tn. Amir dan keluarga.  Sementara pihak SNEC memproses aplikasi permintaan donor mata dan menunggu tersedianya donor yang cocok, Tn. Amir dan keluarga dapat pulang ke Bandung.

Dua minggu setelah kunjungan pertama, Tn. Amir mendapat telepon dari SNEC memberitahu bahwa kornea mata telah tersedia dari donor di Amerika.  Kami segera membantu reservasi tiket pesawat dan akomodasi di Singapura untuk keberangkatan keesokan harinya.  Operasi transplantasi dilakukan keesokan harinya dengan hasil yang sangat baik.

Empat hari setelah operasi, Tn. Amir sudah bisa pulang kembali ke Bandung.  Mata yang rusak kini dapat melihat dengan jelas.  Tn. Amir perlu kembali ke SNEC 3 bulan kemudian untuk pemeriksaan paska operasi.